Wednesday, August 28, 2013

Download Contoh RPP Kurikulum 2013

arikdkareel Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan implementasi dari silabus sebagai program pengajaran. Mulai tahun pelajaran 2013/2014 diterapkan Kurikulum Baru 2013, tentu dengan berbagai perubahan kompetensi dan metode membuat penyusunan RPP juga mengalami perubahan. Silabus Kurikulum 2013 dibuatkan oleh Kemdikbud.
Pada tingkat Sekolah Dasar (SD) dan sederajat, Kurikulum 2013 menggunakan metode pembelajaran tematik intergratif. Dalam metode ini materi yang dipelajari kaitkan dengan memakai sebuah tema, sistem mata pelajaran tidak begitu terlihat. Setiap tingkatan kelas disediakan kurang lebih delapan tema yang harus diajarkan guru. 

RPP Kurikulum 2013 memuat hal-hal yang langsung berkait dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar. Belum ada banyak pelatihan yang dilakukan oleh Kemdikbud bagi guru-guru dalam menerapkan Kurikulum 2013, termasuk dalam menyusun RPP yang sesuai Silabus Kurikulum 2013.

Berikut contoh RPP SD Kurikulum 2013 yang dapat didownload:
Dalam menyusun RPP guru harus mencantumkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang akan disusun dalam RPP tersebut. Di dalam RPP secara rinci harus memuat Tujuan Pembelajaran, Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran, Sumber Belajar, dan Penilaian.

Share:

4 comments:

  1. RPP nya sangat bagus, tapi ada beberapa koreksi dari saya (Bukan mengguri lo tapi bagibagi pengalaman) :
    1. KI adalah kompetensi inti, akan tetapi yang ditulis pada RPP tadi adalah temanya
    2. Dalam RPP 2013 tidak lagi menggunakan tiga tahapan akan tetapi menggunakan 5 tahapan yang disebut dengan pendekatan saintific

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimaksih atas koreksinya (h), kekurangan dalam RPP ini mungkin bapak bisa melengkapi atau memperbaikinya :>)

      Delete
    2. Mohon di perbaiki lagi min :D biar pengunjung g bingun mana RPP yang udah bener bener fix RPP kurikulum 2013 :D

      thanks atas infonya

      Delete

Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.
Untuk pertanyaan di luar topik artikel silahkan di halaman OOT (apabila dipertanyakan di sini, mohon maaf apabila tidak dibalas).

Klik emoticon : :) :D :( :-o @@, :s :wow: 8) :x :P :| ;) :lol: :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :!: :?: :idea: :arrow: :mrgreen: :-d